Makna Al-Quran Lengkap

Sedari kecil ummat Islam kebanyakan diajari untuk membaca Qur’an oleh kedua orangtua mereka. Untuk keperluan ini bermacam metode studi baca Qur’an tersedia, sebut saja layaknya metode al-Baghdadi (klasikal), Iqro, Ummi, Kibar, Tilawati dan lain sebagainya. Ada banyak sekali metode pembelajaran baca Qur’an yang tersedia di masyarakat.

Semua hal tersebut mempunyai satu fokus yang sama, yakni mengajari penduduk untuk dapat membaca Qur’an dengan baik dan benar. Bukan tanpa alasan hal tersebut dilakukan, ini gara-gara sesungguhnya seorang muslim terlampau harus untuk dapat membaca Qur’an yang merupakan kitab suci mereka. Alhasil, berasal dari kerja keras bermacam pihak tersebut Allah karuniakan penduduk Indonesia kapabilitas untuk dapat membaca Qur’an.

Yang jadi masalah, kebanyakan kami berhenti cuma cuman dapat membaca Qur’an saja. Merasa senang dengan dapat membaca ayat-ayat Qur’an yang tersusun indah di di dalam mushaf. Padahal, hendaknya kami tidak berhenti hingga di sana saja. Selain dapat membaca Qur’an alangkah baiknya jikalau kami pun berlanjut kepada level selanjutnya, yakni mempelajari tafsirnya dengan baik. Ini tidak lain dan tidak bukan agar pemahaman kami pada apa yang kami baca jadi benar dan terarah.

Yang jadi masalah, kebanyakan kitab-kitab tafsir ditulis di dalam bahasa Arab. Ini pastinya jadi kendala bagi kami yang kebanyakan tidak dapat berbahasa Arab. Selain itu, kebanyakan kitab-kitab tafsir mempunyai kuantitas halaman yang banyak, agar jadi tidak tipis dan mahal harganya. Semua hal ini pastinya mempersulit akses kami untuk dapat studi tafsir dengan komprehensif.

Untuk menangani masalah-masalah itulah web site TafsirWeb hadir. Pada web site TafsirWeb insyaaAllah bermacam persoalan tersebut dapat diatasi, dengan menghadirkan koleksi tafsir ringkas yang gratis dan dibuka kapanpun dan di manapun. Tentunya di dalam bahasa Indonesia agar dapat membawa manfaat yang luas untuk ummat Islam pada umumnya.

Dengan visi jadi pusat rujukan tafsir terpercaya, maka bukan sembarang tafsir yang dihidangkan di web site ini. Akan tetapi tafsir-tafsir yang dikeluarkan oleh instansi terpercaya layaknya yang dikeluarkan Kementrian Agama RI, berasal dari Kementrian Agama Saudi Arabia, Tafsir al-Mukhtashar yang disupervisi Dr. Shalih Humaid (Imam Masjidil Haram) dan lain sebagainya.

Yang Mana Yang Didahulukan Untuk Dibaca? Membaca tafsir Qur’an ringkas di web site TafsirWeb insyaaAllah terlampau mudah dan cepat. Selain itu juga gratis, agar tidak bakal memakan biaya. Yang jadi persoalan berikutnya adalah, surat dan ayat apa saja yang sebaiknya lebih dahulu dibaca?

Menurut irit kami, yang terbaik adalah membaca tafsir berasal dari surat dan ayat yang kerap dibaca/didengar terlebih dahulu. Agar kala kami ulang membaca/mendengarnya, kami segera dapat memaknainya dengan baik dan benar. Dengan persyaratan layaknya itu, tersebut surat-surat yang kami anjurkan untuk dipelajari terlebih dahulu sebelum saat berlanjut ke surat lainnya:

Surat Al Fatihah. Tidak dapat tidak, ini adalah surat yang pertama-tama harus kami pahami tafsirnya. Sebagai surat yang kami baca minimal 17 kali di dalam sehari, pasti udah sepantasnya kami prioritaskan untuk mempelajari surat yang satu ini.

Surat Al Baqoroh. Surat setelah itu sehabis al-Fatihah juga sebagai surat yang setelah itu kami anjurkan untuk dipelajari tafsirnya. Temukan ratusan faidah di dalam perkara aqidah, ibadah, syari’ah, hingga muamalah di di dalam tafsir surat ini.

Surat Yasin. Terlepas berasal dari kontroversi fiqih di dalam mengkhususkan membaca surat ini, udah sepantasnya surat yang kerap dibaca oleh penduduk Indonesia ini dimengerti dengan baik maknanya dan tafsirnya.

Surat Al Kahfi. Sungguh kisah ashabul kahfi terlampau sarat mutiara faidah yang tidak selalu dapat kami dapatkan di dalam kisah-kisah lainnya, pelajari lebih detil tentang mereka pada tafsir surat ini. Cermati juga kisah perjalanan Nabi Musa di dalam menuntut ilmu, tetap di dalam tafsir surat yang sama.

Surat Al Waqiah. Jika udah datang al-Waqiah (hari kiamat), … begitulah tema besar berasal dari surat yang satu ini. Sebuah surat yang menggetarkan hati orang-orang yang berkenan menyita pelajaran.

Surat Ar Rohman. Surah yang jadi favorit banyak orang untuk dibaca dan didengarkan, gara-gara indahnya lapisan kalimat di dalamnya. Akan tetapi tidak cuman indah lapisan katanya, ternyata indah juga bermacam pelajaran yang terkandung di dalamnya.

Surat Al Mulk. Surat singkat tiga puluh ayat ini harus untuk dimengerti maknanya dengan baik. Agar kami jadi mengenal tentang kekuasaan Allah, lewat tafsir dan tadabbur atas ayat-ayat Allah.

Surat Ad Dhuha. Waktu yang udah ribuan kali kami lalui di dalam hidup yang singkat ini. Bukan sembarang waktu, gara-gara tersedia banyak faidah di dalam kala tersebut. Apa saja? Silakan lihat tafsirnya.

Surat An Naba. Inilah surat yang berisikan gambaran beberapa kejadian di akhirat, surat yang berisikan berita besar yang dipersilisihkan kebenarannya oleh orang-orang yang tidak beriman. Simak dengan baik penjelasan tentangnya.

Surat Yusuf. Bagaimana kisah kesabaran nabi Yusuf atas musibah dan ujian yang menimpanya? Bagaimana kesabaran nabi Ya’qub di dalam menerima musibah yang menderanya? Apa saja hikmat yang terkandung di dalam panjangnya kisah mereka? InsyaaAllah di sini tersedia jawabannya.

Demikian di antara surat-surat yang kami anjurkan untuk dibaca terlebih dahulu sebelum saat yang lainnya, berdasarkan popularitas surat-surat tersebut di tengah-tengah ummat Islam. InsyaaAllah berfaedah untuk dipelajari terlebih dahulu sebelum saat berlanjut ke surat yang lainnya.

Moga dapat jadi cara awal untuk mendukung kami tertarik untuk membaca tafsir Qur’an, lantas berlanjut membaca tafsir surat lainnya hingga tamat semua surat di dalam al-Qur’an. Wallahu waliyyut taufiiq.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menjadi Seorang Pendeta

Sebarkan Cahaya di Tengah Musibah