Cara Membuat Blog Untuk Bisnis

Cara Membuat Blog – Blogging adalah kegiatan yang semakin banyak digemari oleh masyarakat Indonesia selagi ini. Semakin banyak blogger baru yang bermunculan bersama dengan topik dan model tulisan yang berbeda-beda. Untuk membawa dampak blog, sebetulnya ada banyak sekali platform yang dapat kita gunakan, seperti: WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy, dan masih banyak lagi. Namun, saya perhatikan biasanya blogger Indonesia manfaatkan WordPress dan Blogger (blogspot). Karena itu saya dapat membicarakan sedikit tentang langkah buat blog di ke-2 platform ini.

Oh ya, Saya membawa dampak artikel ini spesifik untuk teman-teman yang belum sadar langkah membawa dampak blog, baik itu di WordPress ataupun di Blogger. Jadi, kalau Anda telah sadar caranya, menurut saya tidak perlu membaca artikel ini lagi. Nah, untuk teman-teman yang belum sadar langkah buat blog di WP atau Blogger silahkan lanjutkan membaca, dan jangan lupa siapkan camilan dan minuman gara-gara artikel ini agak panjang hehehe.

Sebelumnya, saya beri sadar dulu bahwa ke-2 fasilitas ini – WordPress dan Blogger – mengimbuhkan fasilitas gratis untuk membawa dampak blog. Namun, meskipun keduanya mengimbuhkan fasilitas gratis untuk blogging, ke-2 platform ini punya perbedaan satu serupa lain. Nah, pelajari dulu apa saja kelebihan dan kekurangan ke-2 platform ini sehingga sadar platform mana yang paling sesuai bersama dengan Anda.

I. Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot)
Blogger.com adalah platform blogging gratisan milik Google. Anda dapat membawa dampak blog bersama dengan gratis di blogger, baik itu manfaatkan subdomain dan hosting gratis ataupun manfaatkan domain sendiri bersama dengan hosting gratis di blogger. Nah, artikel ini dapat membicarakan langkah membawa dampak blog di Blogspot bersama dengan subdomain dan hosting gratis dari Blogger.com.

Sebelum membawa dampak blog di blogger, saya memberi saran Anda untuk punya akun email di Google mail (gratis). Ini dapat memudahkan proses pembuatan blog Anda. Kalau Anda belum sadar langkah membawa dampak email, dapat membaca tulisan saya sebelumnya tentang langkah membawa dampak email. Kalau Anda telah punya akun email di Gmail, langsung saja mengikuti proses membawa dampak blog di blogspot, tersebut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah terhubung website Blogger.com, klik link tersebut untuk terhubung Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com

2. Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk”. Anda dapat di arahkan ke halaman untuk masuk ke akun Google. Masukkan alamat emai Gmail ke kolom yang telah disediakan, selanjutnya klik tombol Berikutnya Login ke akun Google

3. Masukkan password email Anda, ke kolom yang di sediakan. Klik tombol Berikutnya

4. Jika Anda baru pertamakali membawa dampak blog di Blogger, maka Anda perlu pilih profil akun Google yang dapat digunakan. Anda dapat manfaatkan akun Blogger biasa ataupun akun Google+. Di artikel ini saya memberi saran untuk manfaatkan akun Google+, klik tombol Buat Profil Google+

5. Formulir isian profil Google+ Anda dapat terisi secara otomotis. Jika ada menginginkan membuat perubahan data diri, bila membuat perubahan nama, tipe kelamin, dan tanggal lahir, Anda dapat mengubahnya di halaman ini. Jika telah selesai mengedit, klik BUAT PROFILE.

6. Selanjutnya Anda dapat diarahkan ke halaman selanjutnya di mana Anda dapat mengimbuhkan foto profil untuk akun Google Anda. Bila tidak menginginkan mengimbuhkan foto, maka Anda tinggal klik LEWATI.

Tapi bila Anda menginginkan mengimbuhkan gambar profile, maka Anda dapat klik logo Kamera pada halaman tersebut, selanjutnya upload gambar. Setelah proses upload gambar selesai, klik tombol SIMPAN.

7. Saat ini Anda telah selesai membawa dampak akun Google+ Anda. Selanjutnya Anda klik Lanjutkan ke Blogger

8. Untuk jadi membawa dampak blog baru Anda, klik tombol BUAT BLOG BARU, melihat gambar berikut

9. Anda dapat diarahkan ke halaman sesudah itu di mana Anda dapat memasukkan “Judul Blog”, pilih nama/ alamat subdomainnya, dan pilih Tema blog Anda Pada bagian Judul, silahkan isi bersama dengan Judul Blog Anda, bila “Belajar Membuat Blog” Pada bagian Alamat, silahkan isi bersama dengan alamat URL blog Anda, bila “maxbikinblog.blogspot.com” Pada bagian Tema, Anda dapat pilih keliru satu tema standar yang disediakan oleh Blogger.

10. Setelah seluruh diisi, silahkan klik tombol Buat Blog

11. Sampai di sini Anda telah punya blog baru. Tapi sebetulnya ini belum selesai, sesudah itu Anda perlu lakukan beberapa pengaturan dan mempelajari beberapa navigasi di halaman kerja Blogger.

Sedikit penjelasan tentang menu atau navigasi dashboard Blogger:

Pos: Daftar artikel yang telah ditulis, telah diterbitkan, dan artikel yang masih dalam bentuk draft.
Statistik: Data statistik tentang blog Anda, Data teliti tentang trafik pengunjung blog Anda diantaranya kuantitas pengunjung, kuantitas postingan, dan kuantitas artikel.
Komentar: Pada halaman ini, Anda dapat melihat komentar yang masuk. Anda juga dapat mengedit atau lebih-lebih menghapus komentar yang tidak diinginkan.
Kampanye: menampilkan menu yang berhubungan bersama dengan Adwords, yaitu fasilitas periklanan milik Google. Mungkin selagi ini Anda belum perlu fitur ini, jadi tinggalkan saja dulu
Laman: Halaman statis seperti page pada WordPress. Biasanya digunakan untuk halaman About, TOS, dan lain-lain.
Tata Letak: Pada halaman ini Anda dapat sesuaikan layout blog Anda, mengimbuhkan atau sesuaikan posisi widget.
Tema:  Pada halaman ini Anda dapat mengganti tema blog sesuai bersama dengan keinginan.
Setelan: Halaman ini digunakan untuk sesuaikan setelan blog, pengaturan berapa artikel yang dapat ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.

2. Posting Konten di Blogger

Untuk membawa dampak tulisan konten pada Blogger sebetulnya caranya amat mudah, tersebut ini langkah-langkahnya:

Langkah pertama adalah lakukan klik pada tombol Entri Baru
Buat judul konten: buat judul singkat saja gara-gara blogger halangi kuantitas cii-ciri untuk judul postingan.
Masukkan artikel atau konten lain pada halaman konten yang telah disediakan oleh blogger. Anda dapat memasukkan konten berwujud text, gambar, dan juga video.
Anda dapat memasukkan link, mengganti format text, dan lain-lain, bersama dengan pemberian menu formating yang ada di bawah judul konten.
Isi label/ kategori yang sesuai bersama dengan konten yang Anda buat, selanjutnya klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.
Anda juga dapat menjadwalkan selagi posting konten tersebut sesuai bersama dengan keinginan, membawa dampak tautan permanen, mengimbuhkan lokasi, lebih-lebih mengimbuhkan pilihan lainnya sesuai bersama dengan kebutuhan.
Jika Anda telah percaya dapat membawa dampak konten Anda online, silahkan klik tombol “Publikasikan”. Konten Anda telah online dan dapat dibaca orang lain.

Untuk login ke dashboarb Blogger, Anda lumayan manfaatkan alamat email Gmail dan password yang digunakan untuk mendaftar di Blogger.com
Simpan alamat email Gmail dan password Anda bersama dengan baik sehingga enteng digunakan kala menginginkan login ke Blogger.
Sampai di sini tentu saja Anda telah lumayan sadar langkah membawa dampak blog gratis di blogger. Anda juga dapat mengganti tema blog Anda atau sesuaikan tampilan widget.

II. Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.com
Script WordPress dapat digunakan untuk domain dengann hosting sendiri ataupun digunakan secara gratisan. Namun, artikel ini dapat membicarakan langkah membawa dampak blog gratis di WordPress.com, di mana kita dapat nikmati seluruh fasilitas bersama dengan gratis, baik itu subdomain dan juga hosting-nya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah terhubung website WordPress, klik atau membuka URL ini di browser Anda id.wordpress.com

2. Setelah halaman WordPress terbuka, silahkan masukkan alamat website yang Anda inginkan, bila BlogTersayang.wordpress.com. Lalu klik tombol “Buat Situs Web”. Lihat gambar di bawah ini:

3. Akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, Anda dapat diminta isi kolom-kolom, seperti alamat email Anda, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog.

Alamat email: isi bersama dengan alamat email Anda
Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: nana89), ini untuk user name kala login ke dashboar WP
Password: isi bersama dengan password yang kuat dan enteng diingat
Pastikan alamat blog: cek kembali alamat untuk blog Anda, bila “BlogTersayang.wordpress.com”
Jangan lupa klik link yang bertuliskan “akan manfaatkan alamat yang gratis”
Setelah seluruh kolom telah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang ada di bagian bawah.
Membuat blog di WordPress
Membuat blog di WordPress.com

4. Pihak WordPress dapat mengirimkan link untuk verifikasi ke email Anda. Buka email Anda, temukan email dari wordpress.com dan klik link di dalam email tersebut. Lihat gambar

5. Setelah lakukan verifikasi bersama dengan langkah yang dijelaskan pada langkah 4 di atas (klik link verifikasi), nanti dapat terbuka tab baru di browser dan Anda dapat melihat halaman dashboard WordPress milik Anda. Lihat Gambar

Langkah sesudah itu Anda barangkali menginginkan membawa dampak sebuah logo atau favicon untuk blog yang baru Anda buat. Untuk menunjang Anda membawa dampak logo dan favicon, Anda dapat manfaatkan online logo maker seperti Logaster. Buka website Logaster dan Anda dapat membawa dampak Logo paling baik untuk blog baru Anda.

Pengaturan, Desain dan Posting di Blog WordPress
Sampai langkah 5 di atas sebetulnya Anda telah punya blog WordPress. Anda dapat melihat tampilan blog bersama dengan mengetikkan nama blog Anda di browser. Namun, barangkali Anda jadi tidak sesuai bersama dengan tampilan default dari WordPress. Anda dapat jadi lakukan beberapa settingan pada blog WP anda, bila membawa dampak judul blog, membawa dampak tag line atau gambaran singkat, mengganti themes, memasang widget dan lain-lain.

1. Pengaturan Blog WP

Untuk membawa dampak pengaturan di blog WordPress, Anda dapat melakukannya di dalam dashboard WP Anda bersama dengan terhubung tombol link “Pengaturan“. Pada bagian pengaturan terdapat sub-sub kategori pengaturan yang dapat Anda edit. Menurut saya, yang paling penting pada bagian ini adalah pengaturan; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini penjelasan singkatnya:

Umum: Pada bagian ini Anda dapat mengganti judul blog bersama dengan judul yang sesuai bersama dengan keinginan, dan juga mengimbuhkan tagline untuk blog Anda. Selain itu, Anda juga dapat lakukan beberapa pengaturan lainnya di halaman ini, bila mengimbuhkan ikon untuk blo, mengganti format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menyimpan perubahaan yang Anda lakukan.
Menulis: Pada bagian ini Anda dapat membawa dampak pengaturan tulisan, pilih kategori tulisan standar. Membaca: Di sini Anda dapat sesuaikan tulisan yang ditampilkan pada halaman utama blog Anda. Anda dapat membawa dampak halaman statis ataupun dinamis, tetapi petunjuk saya gara-gara ini adalah blog maka dapat lebih baik bila Anda menampikan halaman dinamis. Pada halaman ini Anda juga dapat pilih kuantitas artikel yang tampil di halaman utama, dan lain-lain. Bila Anda tidak menginginkan hal khusus, biarkan saja settingan di halaman ini secara default.
Diskusi – Di sini Anda dapat sesuaikan bagaimana orang lain dapat berkomentar di blog Anda. Jika Anda tidak menginginkan hal yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default pada halaman ini.

2. Desain Blog WP

Anda juga dapat mengganti Themes dan mengimbuhkan widget untuk Blog WordPress Anda. Mengatur themes dan widget dapat membawa dampak blog WP muncul lebih baik dan sesuai bersama dengan permintaan pelmilik blog. Buka tombol link “Tampilan” yang ada di dashboard blog wordpress Anda. Menurut saya bagian yang paling penting di sini adalah Tema, Widget, Menu. Berikut penjelasan singkatnya:

Tema: Pada bagian ini Anda dapat pilih theme/ tema yang sesuai bersama dengan permintaan Anda. Di WordPress.com ada banyak sekali tema gratisan bersama dengan tampilan yang bagus. Perhatikan, jangan hingga pilih theme premium, pilih saja tema gratisan.

Widget: Di sini Anda dapat mengimbuhkan beberapa widet yang Anda menginginkan yang dapat muncul di bagian side bar blog WordPress Anda. Perhatikan, jangan amat banyak memasukkan widget dapat memengaruhi kecepatan loading blog Anda.

Menu: Anda dapat mengimbuhkan beberapa link untuk menu lewat halaman ini. Misalnya Anda menginginkan membawa dampak halaman about, halaman kontak, privacy policy, dan lain-lain, Anda dapat membuatnya di halaman ini.

3. Posting Konten di WordPress

Langkah sesudah itu adalah membawa dampak tulisan artikel. Untuk memposting artikel atau konten lainnya, dapat lewat tombol link “Tulisan”. Perhatikan link yang ada di dashboard Anda:

Semua Tulisan: ini adalah link untuk melihat seluruh tulisan artikel yang ada di blog Anda.
Tambah Baru: ini adalah link untuk membawa dampak postingan/ konten baru di dalam blog Anda.
Kategori: ini adalah link untuk melihat atau mengimbuhkan kategori baru di blog wordpress Anda.
Untuk membawa dampak tulisan di WordPress.com menurut saya amat mudah, lebih-lebih jauh lebih enteng dibandingkan bersama dengan platform lain. Yang perlu Anda perhatikan pada halaman membawa dampak konten adalah sebagai berikut:

Judul konten: Buat judul yang sesuai bersama dengan konten. Halaman konten: Anda dapat mengimbuhkan konten berwujud text (artikel), gambar, dan video di halaman ini. Menu formating: Perhatikan menu formating yang ada di halaman kerja WordPress. Anda dapat mengimbuhkan link, sesuaikan text, mengganti warna text, menambah gambar dan video, dan lain-lain. Kategori dan Tag: Jangan lupa untuk membawa dampak kategori dan tag untuk tiap-tiap konten Anda. Ini dapat memudahkan Anda dan pembaca blog Anda untuk melihat konten bersama dengan kategori atau tag tertentu. Jika Anda telah percaya bersama dengan konten Anda, silahkan klik tombol “Terbitkan” yang ada di sebelah kanan halaman kerja WordPress.

Nah, sesudah membaca penjelasan di atas, tentu saja Anda telah dapat membawa dampak blog WordPress sendiri ya. Langkah yang dijelaskan di atas sebetulnya lumayan sederhana, dan bila Anda menginginkan membawa dampak tampilan blog lebih baik lagi, Anda dapat berkreasi lebih jauh. Namun, perlu Anda ketahui bahwa WordPress.com mengimbuhkan batasan pada penggunanya dalam mengedit kode-kode html di dalam blog WordPress.

Catatan Penting: Untuk masuk ke dashboard blog WordPress Anda, tuliskan alamat blog Anda di browser bersama dengan mengimbuhkan /wp-admin. Contoh caramembuatblogby.wordpress.com/wp-admin, selanjutnya masukkan email/username dan password Anda. eMail/Username dan password ini telah Anda buat dari awal kala membawa dampak blog di WordPress.com. Simpan username dan password Anda bersama dengan baik, sehingga enteng digunakan kala Anda menginginkan login ke blog Anda. “Bila Anda menginginkan punya domain dan hosting sendiri, Anda dapat mendapatkannya di Niagahoster”.

Demikianlah penjelasan singkat langkah membawa dampak blog Gratis di WordPress dan Blogger. Mudah-mudahan artikel ini dapat menunjang teman-teman yang belum sadar langkah membawa dampak blog gratisan. Jika ada hal yang kurang sadar dan menginginkan ditanyakan tentang artikel di atas, silahkan kirim pertanyaan di bagian komentar. Terimakasih telah membaca artikel saya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menjadi Seorang Pendeta

Makna Al-Quran Lengkap

Sebarkan Cahaya di Tengah Musibah