Cara Mendapat Investor Modal Ventura

Sudah pernah dengar investasi dari modal ventura? Modal ventura merupakan sebuah kerjasama dalam wujud investasi dengan pembiyaan berupa modal ke dalam suatu perusahaan swasta dalam jangka saat tertentu. Umumya modal ventura ini punya niat untuk menyerahkan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan tersebut.

Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura Startups/ perusahaan yang baru berdiri dan belum memenuhi beberapa syarat (standar berdirinya perusahaan) butuh modal ventura ini sebagai modal pinjaman yang biasanya didapatkan dari sekelompok investor, perseorangan maupun institusi dan bank.

Namun sayangnya karena perusahaan masih baru berdiri, biasanya mereka mengalami ada masalah untuk memperoleh modal ventura dengan kata lain sukar memperoleh kepercayaan dari pihak investor. Meskipun demikian, bisnis baru tidak mesti mengalami kegagalan memperoleh modal. Ada cara memperoleh investasi dari modal ventura yang profesional supaya proposal di terima calon investor.

“Modal ventura adalah suatu investasi dalam wujud pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan bisnis (investee company) untuk jangka saat tertentu. Pada biasanya investasi ini ditunaikan dalam wujud penyerahan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha.

Investasi modal ventura ini biasanya memiliki suatu risiko yang tinggi namun beri tambahan imbal hasil yang tinggi pula. Kapitalis ventura atau dalam bhs asing disebut venture capitalist (VC), adalah seorang investor yang berinvestasi pada perusahaan modal ventura.” ~ Wikipedia

Seringkali perusahaan ventura membidik perusahaan-perusahaan rintisan/ startups yang tengah berkembang dan perlu modal. Berbeda dengan bank, dalam hal pembiayaan, perusahaan modal ventura menjadi pihak yang berperan pada manajemen perusahaan rintisan tersebut.

Kelebihan Modal Ventura:
Kemampuan dalam hal memperluan jaringan bisnis
Memiliki proses repayment yang murah
Menjadi sumber dana/ modal dan terhitung membantu monitoring perkembangan bisnis
Peluang untuk mendompleng reputasi perusahaan modal ventura yang sebetulnya sudah terkenal
Kekurangan Modal Ventura:
Bila perusahaan rintisan menjadi berhasil maka pengembalian pinjaman dana terhitung ikut besar
Pendiri perusahaan bisa kehilangan pengecekan dan terhitung kehilangan kepemilikan atas bisnis yang di rintis karena beberapa besar saham dan manajemen bisnisnya dimiliki oleh perusahaan modal ventura
Seringkali perusahaan modal ventura menolak permohonan modal karena mereka cuma berkenan beri tambahan pembiayaan cuma pada perusahaan rintisan yang diakui bagus
Artikel lain: Mengapa Perusahaan StartUp Cenderung Lebih Sukses Dibanding Perusahaan Besar?

Ini Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura

1. Buat Rencana Bisnis (Business Plan)

Untuk mengajukan permohonan modal ventura tentu calon penerima investasi mesti memiliki rancangan bisnis yang masak baik dalam pemikiran maupun tulisan. Dalam artian Anda mesti memicu kesimpulan yang berisi mengenai bisnis yang tengah dirintis.Bisnis plan ini setidaknya mesti termasuk beberapa segi sebagai berikut:

Deskripsi lengkap mengenai bisnis atau bisnis Anda
Latar belakang dan pengalaman tim perusahaan
Analisa persaingan bisnis dan solusisolusi barangkali ada permasalahan
Transparasi keuangan yang detail
Sistem pemasaran

Dokumen-dokumen diatas mesti Anda sediakan dan pejalari sebelum berjumpa dengan calon investor. Pada intinya sebetulnya investor dapat bertanya mengenai peluang keberhasilan yang Anda capai. Sehingga segala barangkali pertanyaan dan problem yang ditanyakan investor mesti bisa dijawab dengan cermat namun selalu berhati – hati.


Suatu group atau institusi penyedia modal ventura biasanya terima ratusan rancangan bisnis tiap tiap tahunnya, namun Anda tidak mesti putus asa. Jika sebetulnya rancangan bisnis yang Anda menawarkan sangat meyakinkan bisa beri tambahan banyak keuntungan bagi Anda dan terhitung pihak investor, maka tidak menutup barangkali bisnis Anda bisa memperoleh modal. Bahkan terkecuali Anda beruntung, Anda bisa segera memperoleh modal tanpa mesti melalui tahap-tahap lain.

2. Buatlah Janji Pertemuan

Jika rancangan bisnis yang Anda serahkan menarik perhatian dan minat pihak investor, Anda dapat melanjutkan ke tahap pertemuan atau perkenalan. Pertemuan bukan bermakna sudah bisa memperoleh modal ventura, namun pertemuan ini ditunaikan sebagai wujud presentasi rancangan bisnis Anda.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebelum masuk ke tahap ini, Anda mesti sangat bisa paham rancangan bisnis Anda dan kemungkinan-kemungkinan problem yang terjadi. Ibaratkan saja Anda tengah menjual ide. Jika bisa menguasai dan sesuai dengan minat investor Anda dapat masuk ke tahap Due Diligence.

Due diligence Jika sudah masuk tahap ini, seorang calon penerima modal dapat terima telepon, email, wawancara untuk melakukann evaluasi bisnis. Kalau tak kunjung dihubungi, coba untuk bersabar dan selalu memelihara komunikasi yang baik dengan investor supaya segera memperoleh modal ventura.

Dokumen Perjanjian Ini anggota paling penting dari kerjasama bisnis. Seorang calon penerima modal baiknya menyimak dengan benar tiap tiap mengisi dokumen perjanjian supaya kedepannya tidak merasa dirugikan. Tahap ini adalah tahap diskusi dan mediasi yang biasanya memakan saat lebih dari 2 minggu untuk memenuhi legalitas dokumen.

Anda bisa laksanakan tawar menawar dengan investor perihal bagi hasil keuntungan dan barangkali kerugian melalui dokumen perjanjian yang berupa mengikat. Namun mesti selalu menyakinkan bahwa keuntungan bisnis Anda lebih besar daripada peluang kerugian dengan memperhitungkan keperluan pasar.

Catatan: Saat berjumpa dengan calon investor, mesti diingat bahwa mereka beri tambahan invertasi karena mereka paham bahwa sebuah bisnis butuh dana untuk bertahan dan merampungkan problem customer dengan produk yang dikembangkan. Timbal baliknya, investor dapat memperoleh saham yang nilainya jauh lebih besar dari investasi yang dikeluarkan.

Umumnya para investor ini dapat menanamkan modal pada banyak bisnis atau startup yang baru berkembang. Hal ini ditunaikan sebagai antisipasi apa jikalau kelak bisnisnya berhenti di tengah jalan. Karena itu, laksanakan yang terbaik merasa dari awal hingga tahap presentasi supaya mereka percaya terkecuali bisnis yang dipresentasikan sangat memiliki prospek yang jelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menjadi Seorang Pendeta

Makna Al-Quran Lengkap

Sebarkan Cahaya di Tengah Musibah