Cara Menjadi Seorang Pendeta

Apa yang pertama kali anda peduli tentang pendeta? Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa pendeta itu merupakan hamba Tuhan, pelayan Gereja, orang yang melayani Tuhan dengan sungguh, orang yang dipanggil Tuhan atau bisa saja banyak lagi pendapat tentang apa itu pendeta. Mungkin masih banyak termasuk di antara kami yang berasumsi bahwa untuk menjadi pendeta haruslah mengenyam di bangku kuliah terutama di Fakultas yang menyediakan tumpuan untuk menjadi seorang pendeta seperti fakultas Teologi, Seminari atau Sekolah Alkitab.

Lalu bagaimana kalau tersedia orang yang menjadi pendeta tanpa mesti berkuliah di jurusan Teologi? Teologi sendiri sebetulnya diambil kesimpulan sebagai science yang mulanya menjadi sebuah wacana atau logos tentang Tuhan (Theos) untuk mengkaji ilmu yang merupakan refleksi atas iman. Sebenarnya fakultas Teologi sendiri tidak selamanya membuahkan seorang pendeta tetapi justru suatu upaya untuk menarik seseorang agar terus melayani Tuhan sebagai seorang mahasiswa Teologi dan bukan sebagai calon pendeta.

Pendeta sendiri merupakan sebuah jalan hidup yang dipilih oleh seseorang yang lahir berasal dari sebuah pergulatan eksistensial, agar pendeta lebih berasal dari sekadar profesi semata saja. Kependetaan sendiri dapat digapai oleh siapa pun sepanjang orang itu terus menghasrati dan mengilhami hidupnya untuk terus melayani Tuhan dan sesama. Tuhan Yesus Menyelamatkan Kita, 8 cara ini agar kami dekat denganNya

Dengan demikian, menjadi pendeta lebih mengarah terhadap sebuah panggilan hidup yang dapat digapai oleh siapa saja sepanjang dia menghidupi Tuhan disetiap cara hidupnya. Menjadi pendeta tidak hanya dapat ditunaikan oleh orang yang bersekolah di Fakultas Teologi saja dikarenakan panggilan hidup untuk melayani Tuhan dapat berjalan terhadap semua orang. Berikut ini cara yang dapat ditunaikan untuk menjadi seorang pendeta.

1. Langkah 1. Miliki Kecerdasan

Hal yang mesti ditunaikan untuk menjadi seorang pendeta adalah dengan berdoa dan bercermin apakah keputusan untuk menjadi pendeta ini udah merupakan panggilan berasal dari Tuhan atau belum. Mintalah hikmat dan bimbingan Tuhan untuk mendapatkan jawaban atas pilihan atas untuk menjadi seorang pendeta. Mempertimbangkan apa yang orang lain katakan tentang anda

Anda termasuk mesti pertimbangkan apa yang orang lain katakan tentang anda tentang keputusan anda untuk menjadi seorang pendeta. Jika sebetulnya orang lain menyatakan bahwa anda mempunyai dedikasi untuk menjadi pendeta maka keputusan anda untuk menjadi seorang pendeta udah didukung.

2. Langkah 2. Mengetahui apa yang anda harapkan dengan menjadi seorang pendeta

Hal setelah itu anda mesti memahami sebetulnya apa yang anda harapkan dengan menjadi seorang pendeta. Jika anda belum memahami atau masih sangsi untuk menjawabnya maka berdoalah dan minta hikmat kepadaNya dikarenakan menjadi pendeta bermakna siap termasuk untuk melayani bahkan mengalami penolakan.

3. Langkah 3. Konsultasi dengan pendeta yang tersedia di gereja anda

Jika anda masih sangsi dengan keputusan anda untuk menjadi seorang pendeta maka anda dapat mengkonsultasikannya dengan pihak gereja seperti pendeta. Anda termasuk dapat mengutarakan maksud dan target anda untuk menjadi pendeta agar anda dapat lebih yakit untuk melangkah menjadi seorang pendeta.

4. Langkah 4. Mencari seorang mentor

Mentor merupakan seseorang yang dapat memberi tambahan perlindungan kepada anda secara pribadi. Seorang mentor termasuk dapat menguatkan anda dikala anda menjadi lemah dan jatuh. Ketika anda menjadi kehilangan arah untuk menjadi seorang pendeta, anda dapat bercerita kepada mentor anda agar anda terus mempunyai kepercayaan untuk melayani Tuhan.

5. Langkah 5. Masuk ke sekolah seminar

Untuk memperdalam iman kekristenan anda, yang dapat anda melakukan setelah itu adalah masuk sekolah seminar dan ikuti tiap tiap aktivitas yang ditunaikan agar diri anda lebih siap untuk menjadi seorang pendeta.

6. Langkah 6. Hadir dalam penobatan anda menjadi seorang pendeta

7. Langkah 7. Masuk ke era percobaan menjadi seorang pendeta

8. Langkah 8. Melayani Tuhan dan sesama dengan menjadi seorang pendeta

Demikianlah artikel ini dibuat. Kiranya artikel ini dapat memberi tambahan Info bagi kami semua. Teruslah melayani Tuhan dan sesama dimanapun dan kapanpun itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Al-Quran Lengkap

Sebarkan Cahaya di Tengah Musibah